Menu Close

P3M STAIN Bengkalis Gelar Sosialisasi dan Persiapan KKN-DR Tahun 2020

Kampus Melayu (humas) Bengkalis – Jelang dilaksanakannya program KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata dari Rumah) tahun 2020, unit P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis gelar pembekalan terhadap seluruh dosen pembimbing lapangan di aula lantai III Gedung Pembelajaran dan Layanan Mahasiswa, Senin (29/06/2020).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag didampingi oleh Kepala P3M, Dr. Imam Ghozali, M.Pd, Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Saifunnajar, MH, Kabag AUAK, Kasubag AUK dan Kasubag AK STAIN Bengkalis. Sementara itu, pembekalan dihadiri oleh sebanyak 57 dosen yang telah ditunjuk sebagai dosen pembimbing lapangan yang akan mendampingi mahasiswa nantinya dalam melaksanakan KKN-DR.

Pelaksanaan KKN-DR STAIN Bengkalis tahun 2020 merupakan implementasi dari Ketetapan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Agama Islam Nomor: B-713/DJ.I/Dt.I.III/TL.00/04/2020 tanggal 3 April 2020 terkait pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat pada masa wabah Covid-19.

Dalam arahannya, Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag menerangkan bahwa pelaksanaan KKN-DR menitikberatkan mahasiswa aktif melakukan pengabdian pada masyarakat melalui media sosial seperti membuat pamphlet, tulisan-tulisan yang mengedukasi masyarakat, vidio pendek berisi pesan positif kepada masyarakat tentang cara hidup sehat agar terhindar dari Covid-19, membangun semangat gotong royong, menghargai nilai-nilai keberagaman, penyuluhan agama dan pelaksanaan pendidikan secara daring, dan membangun sisi kemanusiaan yang terkena Covid-19 dengan tetap berpegang teguh pada protokol kesehatan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala P3M, Dr. Imam Ghozali, M.Pd turut menerangkan bahwa dalam pelaksanaan KKN-DR, mahasiswa diwajibkan untuk membuat dan mengumpulkan tugas kelompok berupa Karya Ilmiah yang berkaitan dengan persoalan Covid-19, Pendidikan Agama, Adat dan Budaya Lokal, serta Moderasi Beragama yang ada di wilayah masing-masing. Nantinya hasil penelitian KKN-DR akan dijadikan buku yang ber-ISBN dan tulisan-tulisan mahasiswa yang tersaring akan dimasukkan ke dalam Jurnal Ilmiah.

KKN-DR STAIN Bengkalis tahun 2020 diikuti sebanyak 672 mahasiswa yang terbagi dalam 57 kelompok. Sementara untuk pelaksanaannya akan dimulai pada 06 Juli s/d 20 Agustus 2020 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *